Tips Rancang Bisnis untuk Pemula

trensitus - Selamat datang disitus trensitus,Jika kamu mencari artikel Tips Rancang Bisnis untuk Pemula,Kalian datang ke situs informasi yang tepat artikel ini masuk dalam kategory bisnis,Semoga Bermanfaat.

Title : Tips Rancang Bisnis untuk Pemula
link : Tips Rancang Bisnis untuk Pemula

Read This


Tips Rancang Bisnis untuk Pemula

Tips rancang bisnis untuk pemula
Tips Rancang Bisnis untuk Pemula


tahapan planing berbisnis


“Usaha apa yang pas untuk saya geluti ya?” 
pertanyaan inilah yang mungkin terbersit dalam benak pebisnis level pemula. 

Artikel ini mengulas empat hal yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis, terkait proses marketing atau pemasarannya, yang merupakan kunci berjalannya proses bisnis atau suatu usaha. Dalam teori marketing yang dicetuskan oleh seorang ahli bernama Kotler,

ada empat aspek yang perlu dipertimbangkan tentang barang yang hendak dipasarkan atau dibisniskan.

Keempat hal ini berpengaruh pada konsep branding yang akan dibentuk.

Product
Aspek pertama adalah produk, baik barang atau jasa pelayanan yang hendak dipasarkan. Pastikan si pelaku bisnis berkemauan untuk belajar, menimba ilmu, mempelajari tentang seluk beluk produk yang direncanakan untuk dipasarkan, lalu menimbang-nimbang varian yang bisa ditawarkan. 

Lebih bagus lagi jika produk tersebut sesuai dengan passion atau minat si pelaku bisnis dan selaras dengan kebutuhan pasar. Produk ini nantinya berhubungan dengan daya saing produk serupa yang sudah ada di lingkungan sekitar. Maka, disamping kualitas yang prima, harus ada daya tarik dan unsur keunikan pada produk tersebut.

Place
Selanjutnya, aspek place atau lokasi pun tak kalah penting. Lokasi pemasaran dan penjualan barang atau jasa memerlukan pengkajian dan pertimbangan yang tak main-main. Hal ini berkenaan dengan strategi market dalam penawaran pada calon konsumen. 

Pelaku usaha, terkadang sudah memiliki lokasi, namun belum ada produk. Atau sebaliknya, ada produk namun belum ada lokasi. Dalam hal ini, diperlukan survey lokasi atau lingkungan demi informasi mengenai kebutuhan produk, peluang apa yang sekiranya bisa eksis di lingkungan tersebut. 
Bisnis pada intinya adalah memberikan solusi, memenuhi kebutuhan konsumen yang belum tersedia atau masih banyak hambatan dalam mendapatkannya. Namun meski demikian, kompetitor bisnis akan selalu ada. Maka, pelaku bisnis harus inovatif dan berdaya saing.

Price
Price atau harga juga merupakan komponen penting untuk pemasaran bisnis. Konsumen yang cerdas mampu menilai harga yang pantas dengan kualitas produk atau layanan. Maka, kuncinya adalah kualitas yang jempolan, harga terjangkau dan pantas. Harga yang murah memang menarik perhatian, namun kualitas yang hebat masih jadi pertimbangan utama dalam menentukan pilihan. 


Konsumen tidak akan keberatan merogoh kocek agak dalam jika ia mendapatkan barang kualitas terbaik, atau jasa yang bermanfaat besar bagi kehidupannya, plus service atau pelayanan yang tentunya harus berorientasi kenyamanan pada si pengguna produk. 

Masih ingat dengan warung seafood di daerah pantura yang sempat viral karena harga menunya yang dirasa kurang pantas? Inilah resikonya jika aspek price atau harga tidak dipertimbangkan dengan baik. Konsumen bisa complain dan menyebarkan berita kurang menguntungkan bagi pelaku bisnis. Alhasil, branding tercemar bahkan dipaksa tutup lebih lama jika harga tidak dibenahi.

Promotion
Promosi adalah cara-cara bagaimana pelaku bisnis bisa menarik pembeli supaya memutuskan untuk membayar barang atau jasa yang ditawarkan. 

Contoh nyata, di swalayan atau toko-toko sering menyerukan diskon besar-besaran, beli 1 gratis 1, dan sebagainya. Konsep promosi awal dibarengi dengan pengenalan produk pada masyarakat baik online maupun offline. Promosi online bisa dengan media social, memanfaatkan fungsi platform dagang atau bisnis yang kini sudah banyak macamnya. 


Untuk offline, bisa dengan partisipasi aktif dalam kegiatan yang mendukung promosi bisnis misalnya festival kuliner, sewa booth atau stand, dengan menjadi sponsor di acara-acara umum, serta gencar promosi di lingkungan sekitar dengan berbagai cara dan penawaran. Brosur atau leaflet masih banyak dimanfaatkan sebagai sarana yang penting untuk mengedukasi target konsumen tentang informasi produk yang ditawarkan.





Yap, Ini adalah akhir dari post Tips Rancang Bisnis untuk Pemula

terimakasih sudah berkunjung ke blog trensitus Mohon bantu share Tips Rancang Bisnis untuk Pemuladan berbagi artikel trensitusTerutama share di sosial media kalian dengan klik ikon dibawah ini

Sekarang kalian membaca postingan Tips Rancang Bisnis untuk Pemula dengan alamat link https://www.trensitus.com/2019/11/tips-rancang-bisnis-untuk-pemula.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel