Tindakan Awal Jika Bayi Panas

trensitus - Selamat datang disitus trensitus,Jika kamu mencari artikel Tindakan Awal Jika Bayi Panas,Kalian datang ke situs informasi yang tepat artikel ini masuk dalam kategory bayi demam, artikel ini masuk dalam kategory bayi panas, artikel ini masuk dalam kategory Kesehatan,Semoga Bermanfaat.

Title : Tindakan Awal Jika Bayi Panas
link : Tindakan Awal Jika Bayi Panas

Read This


Tindakan Awal Jika Bayi Panas

Tindakan Awal Jika Bayi Panas


            Meningkatnya suhu tubuh seseorang, berkaitan dengan proses alami dalam tubuh untuk melawan penyakit. Badan panas bisa jadi satu gejala umum akan sakit yang timbul, adanya peradangan atau infeksi, maupun sebagai efek aktivitas atau paparan hal tertentu yang menyebabkan tubuh “meminta” beristirahat. Memang harus diobservasi atau diwaspadai, namun, para ayah dan bunda sebaiknya mengontrol rasa panik ketika menghadapinya. Sebagian orang tua merasa kurang perlu untuk terburu-buru membawa anak mereka ke dokter jika badan mereka panas. Ada langkah-langkah awal yang bisa dilakukan untuk meredakan panas tubuh khususnya pada bayi atau anak-anak.

Perhatikan asupan cairan

              Kurang cairan bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat. Jika memang ini yang jadi penyebab, maka sudah tentu supply cairan harus ditingkatkan demi terpenuhinya kebutuhan tubuh. Selama anak panas, usahakan tubuhnya tercukupi cairan dari air putih, buah, jus buah, utamakan minuman  yang bersifat alami atau tanpa tambahan zat pemanis maupun kimia. Untuk bayi dibawah satu tahun, pemberian ASI adalah solusi terbaik. 

Jangan panik jika selera makan turun

            Badan panas seringkali menyebabkan anak tak doyan makan, namun hal ini bisa disiasati dengan mengganti makanan dengan aneka buah-buahan yang mereka sukai. Bisa juga dengan memberikan mereka superfood yang mudah dikonsumsi dan cukup memberikan nutrisi seperti kurma, pisang, dan pepaya. Kurangnya selera makan bisa jadi adalah efek alami tubuh ketika melakukan “perbaikan” metabolisme. Ada pula yang meyakini bahwa puasa malah justru lebih baik bagi mereka yang sakit. Sebab, tubuh akan lebih cepat menyembuhkan dirinya tanpa harus ditambah beban mencerna makanan. 

          Banyak orang yang meyakini bahwa jika tubuh sakit harus tetap dipaksa makan, makan apa saja yang diinginkan, pokoknya asal perutnya terisi makanan. Hal ini kurang benar, makanan olahan atau kemasan malah justru akan memperberat kerja tubuh. Yang lebih baik adalah makan sealami mungkin, dianjurkan lebih selektif. Biarkan tubuh beristirahat dengan beban minimum supaya suhunya segera kembali normal. 

Berendam air hangat

        Banyak pula orangtua yang meyakini kepercayaan untuk tidak memandikan anak ketika mereka sakit panas. Namun apakah hal ini 100% baik untuk diterapkan? Pada kondisi tubuh yang panas, ketika si kecil berendam di air hangat suam-suam kuku, hal ini justru baik bagi tubuh untuk menyesuaikan suhu dengan air yang merendamnya. Dilakukan dua kali sehari, pada prakteknya, ini bisa membantu suhu tubuh kembali normal. 

Pakai pakaian tipis, skin to skin.

          Pakaian berbahan katun yang tipis akan membantu pori-porinya bernafas, memperlancar sirkulasi atau pergantian udara yang mempengaruhi suhu tubuhnya sehingga kembali normal. Membungkusnya dengan pakaian tebal dan selimut bukan solusi baik. Menggendong bayi dan kontak kulit atau skin to skin akan menenangkan mereka, mempercepat penurunan suhu tubuhnya. Hal ini masih dipercaya ampuh untuk penanganan badan si kecil yang panas.

Konsumsi kelapa muda

       Untuk bayi diatas 6 bulan, pemberian air dan buah kelapa muda untuk si kecil juga membantu menurunkan panas tubuhnya. Air elektrolit alami ini ampuh dengan cepat mengembalikan cairan tubuh yang hilang, berkhasiat untuk pemulihan energinya. Berikan berkala, sesuai kemampuannya mengonsumsi ini. 

Balur kulit dengan minyak herbal atau bahan-bahan alami 

      Yang terakhir adalah dengan membalur kulit bayi dengan minyak herbal, seperti VCO, mnyak but but, zaitun, bisa juga minyak telon dicampur parutan bawang merah. Dilakukan secara berkala dan merata pada kulit bayi, bisa berkhasiat untuk menurunkan panasnya secara bertahap.

Walau begitu, tidak perlu kaget jika suhu tubuh kerap kali naik turun. Jika tak kunjung turun lebih dari tiga hari, sebaiknya dibawa ke dokter untuk pemeriksaan khusus.



Yap, Ini adalah akhir dari post Tindakan Awal Jika Bayi Panas

terimakasih sudah berkunjung ke blog trensitus Mohon bantu share Tindakan Awal Jika Bayi Panasdan berbagi artikel trensitusTerutama share di sosial media kalian dengan klik ikon dibawah ini

Sekarang kalian membaca postingan Tindakan Awal Jika Bayi Panas dengan alamat link https://www.trensitus.com/2019/11/tindakan-awal-jika-bayi-panas.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel