Bisnis apa ya? Kiat Memilih Peluang Usaha Tepat bagi Pemula

trensitus - Selamat datang disitus trensitus,Jika kamu mencari artikel Bisnis apa ya? Kiat Memilih Peluang Usaha Tepat bagi Pemula,Kalian datang ke situs informasi yang tepat artikel ini masuk dalam kategory bisnis,Semoga Bermanfaat.

Title : Bisnis apa ya? Kiat Memilih Peluang Usaha Tepat bagi Pemula
link : Bisnis apa ya? Kiat Memilih Peluang Usaha Tepat bagi Pemula

Read This


Bisnis apa ya? Kiat Memilih Peluang Usaha Tepat bagi Pemula


MEMULAI BISNIS TRENSITUS

Trensitus.com - Bisnis apa ya? Kiat Memilih Peluang Usaha Tepat bagi Pemula
Banyak orang tertarik untuk berbisnis karena berbagai alasan, misalnya bosan jadi pegawai, ingin mendapatkan rejeki atau penghasilan tambahan, atau karena terinspirasi kesuksesan orang lain. Kondisi ekonomi di zaman ini yang secara umum sedang dilanda krisis, membuat lapangan pekerjaan semakin minim dan kompetitif. Tak heran, banyak anak muda mengubah mindset dari mencari kerja menjadi pewirausaha. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, bisnis online menjamur di berbagai platform. Ruang gerak semakin luas, peluang makin banyak.

Walau begitu, tak sedikit pelaku bisnis amatir yang galau ingin memulai bisnis apa. Sekian banyak jenis usaha nampaknya malah membuat pilihan semakin beraneka ragam, bukan mengerucut. Maka, diperlukan pemikiran yang jeli untuk menentukan bisnis apa yang hendak mulai ditekuni. Langkah-langkah berikut dapat menjadi pertimbangan bagaimana menentukan usaha yang bisa dimulai atau ditekuni.

Bisnis yang terjangkau
Impian boleh besar tapi semua perlu terukur, karena sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil. Maka, pastikan bisnis yang hendak dijalani adalah bisnis yang aplikatif (memungkinkan/terjangkau) dari segi kemampuan dan pelaksanaan.

Perhatikan masalah yang berpotensi solusi bisnis
Dengan survey pasar dan kondisi lingkungan sekitar, ide bisnis bisa muncul dari adanya masalah atau ketimpangan yang belum ada solusinya. Bisa juga karena permintaaan barang lebih besar dari persediaan, yang mungkin membuat para produsen kewalahan atau belum bisa mencukupi permintaan tersebut, hal ini juga merupakan peluang bisnis. Bisnis adalah memberi solusi untuk masalah yang ditemui. Menjadi bagian dari solusi dengan bisnis yang akan digeluti dengan mengerahkan potensi diri serta koneksi, bisa membuka jalan rejeki. Jika fokus sudah ditentukan, maka pikirkan konsep dan ‘jalur cerita’ usaha yang dipilih. Untuk pelaku usaha yang masih awal, akan lebih baik lagi jika ada pelaku senior yang bisa membantu dengan bimbingan atau arahan.

Ambil tindakan
Begitu menemukan masalah dan yakin bisa jadi bagian dari solusi, maka selanjutnya rancang program atau konsep bisnis / master plan yang menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar realisasinya, seperti: bahan baku, titik mulai, produksi, branding, dan modal. Bisnis yang baik adalah bisnis yang segera dilakukan, bukan hanya dipikirkan. Segera lakukan ketika ide bisnis itu muncul. Karena semua orang yang bercita-cita menjadi pebisnis, yang paling benar adalah memulai. Namun perlu diingat, langkah ribuan kilometer pun dimulai dari satu langkah awal.

Pertimbangkan resiko
Antisipasi kemungkinan resiko terburuk, jangan hanya berpikir keuntungan. Karena sebenarnya pelaku bisnis itu tidak pernah rugi. Jika belum untung dalam bentuk rupiah, keuntungan yang didapat adalah berupa ilmu dan mental bisnis. Mental bisnis tak terbentuk secara instan, kebanyakan pelaku bisnis adalah mereka yang tahan banting, karena ditempa berbagai persoalan dan tantangan sejak lama. Jadi, diperlukan ketelatenan dalam menjalani prosesnya sebagai asahan jiwa pengusaha.

Persiapan mental
Selain persiapan pelaksanaan atau perencanaan bisnis, mental pelaku bisnis juga hal yang perlu dipersiapkan dengan baik. Ketika bisnis sudah dimulai, niat sudah dimantapkan, mental harus siap menghadapi beragam omongan orang, kritikan tentang produk, kompetitor yang muncul, maupun hambatan-hambatan lainnya yang bisa saja datang tak terduga. Belum lagi soal target penjualan dan perputaran modal usaha yang bisa menjadi masalah tersendiri. Segala jenis ujian dalam pelaksanaan usaha tersebut akan memperkuat mental bisnis.

Nikmati prosesnya
Yang terakhir, jika barang sudah siap dipasarkan atau dikonsumsi, proses tinggal dinikmati.



Yap, Ini adalah akhir dari post Bisnis apa ya? Kiat Memilih Peluang Usaha Tepat bagi Pemula

terimakasih sudah berkunjung ke blog trensitus Mohon bantu share Bisnis apa ya? Kiat Memilih Peluang Usaha Tepat bagi Pemuladan berbagi artikel trensitusTerutama share di sosial media kalian dengan klik ikon dibawah ini

Sekarang kalian membaca postingan Bisnis apa ya? Kiat Memilih Peluang Usaha Tepat bagi Pemula dengan alamat link https://www.trensitus.com/2019/11/bisnis-apa-ya-kiat-memilih-peluang.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel